-->

24 Agustus 2015

Penyempurnaan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Kurikulum 2013

Penyempurnaan KD Mata Pelajaran
Sejalan dengan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam penyempurnaan Kurikulum 2013, sejak awal tahun 2015 Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud membuka kesempatan pada publik untuk menyampaikan aspirasi terkait Kurikulum 2013 melalui berbagai media. Berbagai ragam pihak memberikan aspirasinya, pegiat pendidikan, akademisi, dan juga praktisi. Masukan dan aspirasi ini kemudian memperkaya proses penyempurnaan Kurikulum 2013 sehingga pelaksanaan Kurikulum 2013 lebih efektif diimplementasikan disatuan pendidikan.

Merujuk pada analisa yang dilakukan terhadap aspirasi yang masuk, dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya Kurikulum 2013 merupakan panduan yang baik untuk mengarahkan kegiatan belajar dan mengajar menjadi proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Namun demikian, masih perlu penyempurnaan di Kurikulum 2013 agar tujuan tersebut bisa tercapai.

Secara ringkas, penyempurnaan yang dilakukan pada struktur Kompetensi Dasar (KD) pada

Kurikulum 2013 adalah:
  1. Perubahan mendasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Misalnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sebelumnya menggunakan pendekatan pendekatan teks disempurnakan menjadi perpaduan pendekatan teks dan komunikatif yang berdampak pada perubahan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.
  2. Penyempurnaan KD terjadi pada setiap mata pelajaran. Beberapa jenis penyempurnaan KD adalah keluasan dan kedalaman ruang lingkup KD, perbaikan urutan KD, dan penyempurnaan rumusan KD.
Saat ini Puskurbuk sudah menyelesaikan beberapa Draft perbaikan struktur KD untuk mata pelajaran tertentu di kelas I-XII, dan dapat diunduh di https://goo.gl/AJAV7r . Silahkan sampaikan masukan terhadap dokumen ini dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Masukan ditulis secara ringkas mengacu kepada draft dokumen terbaru disertai dengan landasan berpikir yang jelas.
  • Masukan dikirim ke kurikulum@puskurbuk.net paling lambat tanggal 30 Agustus 2015, perihal: “Masukan KD".
  • Masukan dapat diserahkan atas nama individu/kelompok atau lembaga/asosiasi dengan disertai biodata penulis atau lembaga/asosiasinya.
Semoga penyempurnaan ini dapat meningkatkan mutu Kurikulum 2013 dan membantu para pelaku pendidikan di sekolah untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Puskurbuk mengucapkan terima kasih atas seluruh pihak yang telah memberikan aspirasi, masukan, serta rekomendasi terkait Kurikulum 2013. Semoga kerja sama seperti ini bisa terus berlanjut demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sumber : Kemendikbud
Author : sonyfiffandy | PIN 75796C36

Tag : K13, SD, Sekolah, Kur13, Kurikulum Nasional, K-13, SDN, Dasar, Sekolah Dasar, Petung, SD Negeri Petung 2, SDN Petung 2, sony, s1e, #sdnpetung2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top