-->

21 Maret 2015

Matematika Nalaria Realistik (MNR)

Matematika selama ini diajarkan dengan cara memberikan atau mentransformasikan langsung pengetahuan matematika kepada siswa, tanpa member kesempatan siswa untuk berpikir atau menelaah dari mana konsep atau rumus itu diperoleh. Hal tersebut membuat siswa kurang terasah penalarannya dan membuat siswa semakin sulit untuk memahami matematika di tingkat lanjut karena semakin tinggi tingkatan kelas, maka semakin butuh penalaran yang baik untuk memahami konsep matematika. Akibatnya, siswa yang tidak menguasai suatu konsep matematika akan semakin frustasi ketika harus mempelajari materi matematika berikutnya. Selain itu, penalara sangat penting bagi kehidupan karena penalaran yang baik dapat membantu untuk menganalisis masalah dalam kehidupan dengan lebih baik.
Matematika Nalaria Realistik (MNR) merupakan suatu terobosan baru dalam pembelajaran matematika. MNR lebih menekankan penggunaan nalar dalam memahami matematika, sehingga pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran matematika di sekolah. Dengan MNR, siswa diajarkan untuk menganalisis masalah, menarik kesimpulan dan menyelesaikan masalah dengan berbagai metode pemecahan masalah yang berlogika.
 
Ciri khas Matematika Nalaria Realistik:
v       Menekankan penggunaan penalaran dalam memahami matematika
v       Meningkatkan daya nalar dan keterampilan memecahkan masalah, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat belajar Matematika Nalaria Realistik:
v       Siswa akan lebih mudah memahami matematika
v       Siswa akan terlatih penalarannya ketika belajar matematika
v       Siswa akan lebih mudah memahami pelajaran lain karena nalarnya terasah.
v       Siswa siap menghadapi berbagai kompetisi matematika
 
 
Langkah-langkah pengajaran Matematika Nalaria Realistik:
1.        Pemberian masalah nyata
Dalam MNR siswa diberikan masalah nyata terlebih dahulu pada saat memulai pelajaran agar siswa tertarik untuk mengikuti materi tersebut karena terlibat dan merasa berkepentingan untuk mempelajarinya. Masalah nyata sebaiknya sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan cara berpikir anak.
2.        Pemahaman konsep
v   Konsep matematika diberikan dengan melibatkan otak kiri dan kanan.
v   Konsep matematika diajarkan tidak hanya menggunakan simbol-simbol matematika tetapi juga menggunakan gambar atau peraga matematika atau benda-benda yang ada di sekitar kita
v   Setiap pokok bahasan mempunyai teknik pengajaran yang berbeda, oleh karena itu faktor guru menjadi sangat penting dalam penyampaian konsep-konsep matematika tersebut.
3.        Penalaran dan komunikasi
v   Melatih penalaran siswa dan melatih kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide dan gagasannya
v   Soal yang disajikan masih dalam lingkup materi yang sedang diajarkan
v   Membiasakan siswa untuk berpikir sistematis dan mudah dipahami.
4.        Pemecahan masalah
v   Menyajikan soal yang merupakan gabungan berbagai konsep matematika yang sebelumnya sudah dipelajari
v   Melatih keterampilan dalam memecahkan masalah dengan merekonstruksi materi yang sudah dipelajati sebelumnya
v   Meningkatkan daya nalar siswa
v   Meningkatkan kemampuan untuk menerima pengetahuan baru.
5.        Aplikasi dalam kehidupan
v   Menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
v   Siswa dapat mengetahui tujuan mempelajari suatu konsep matematika
v   Memancing ketertarikan siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
6.        Eksplorasi matematika
v   Melatih keterampilan psikomotorik
v   Melatih mental siswa untuk berpikir kreatif dan patang menyerah
7.        Permainan matematika
v   Membuat siswa senang belajar matematika
v   Mempermahir pemahaman konsep yang sudah dipahami.

PUISI MATEMATIKA NALARIA REALISTIK
 
Ini kali pertama dan kali terakhir
Ini tambahan wacana dan pengurangan makna
Ini pembagian rasa dan pembagian wibawa
 
Itulah operasi matematika yang dileburkan bahasa
Matematika ini bukan terbaru tapi terlama
Matematika ini pembaharu yang tak berdaya
 
Akan diajarkan….akan diajarkan
Semua rasa dalam bahasa logika….dalam nalaria…
Seni..tertawa..kagum …sedih …itulah matematika nalaria realistik
 
Jangan pernah bisniskan dia…
Jangan pernah perdagangkan dia…
Dia penghantar pada makan semesta
 
Jikalah ada keraguan dalam pelaksanaan …jangan pernah ditinggalkan
Jikalah ada kesuksesan dalam pelaksanaan..tidak perlu dibanggakan
Karena dia alat hati untuk menghubungkan rasa dan logika
 
Dia akan ajarkan manusia mengenal Tuhannya
Dia akan ajarkan manusia menata emosinya
Dia akan ajarkan manusia meningkatkan kecerdasan
 
Dia datang tidak sendiri tetapi sepasang…
Dia didahului saudara tuanya….metode seikhlasnya
Dia tidak akan mampu wujudkan apapun tanpa saudara tuanya…
 
Pelajarilah kedunya…dengan mendahulukan saudara tuanya
Kalau lah bingung temukan saudara tua untuk tegakkan makna
Carilah penulis hamparan kata ini….di depan pembuka segala makna
 
Seandainya tak tertarik
Jangan harap MNR kan menarik….
Karena dia hanya tunduk kala bersama
 
Bogor, 11 Juni 2005
Karya : Arya 
Sumber : http://www.kpmseikhlasnya.com
Author : sonyfiffandy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top