-->

16 Mei 2015

E - mail cara pembuatan G-Mail

 E - mail cara pembuatan G-Mail
Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau pos elektronik (akronim: pos-el.) atau imel (bahasa Inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. 
1. Pengertian Email :
Emai adalah singkatan dari Electronic Mail dan kalau di bahasa indonesianya adalah Surat Elektronik.Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Intenet, dengan Email kita hanya membutukan beberapa menit agar surat/pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/pesan biasa(pos) dan dengan email isi surat/pesan dapat kita isi dengan konten gambar/suara dan vidio, email bukan hanya untuk mengirim surat/pesan,jaman sekarang apa-apa yang berhubungan internet seperti mendaftar Facebook,twitter,blogger dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar.
2.  E-mail yang sering digunakan :
a. Ymail ( Yahoo mail) email ini produk dari yahoo.com
dengan daftar di yahoo anda  bisa menggukan beberapa akhiran yahoo. namun sekarang sudah terbatas sebagai berikut : *****@yahoo.com / *****@yahoo.co.id /
*****@yahoo.com.sg (sesuai akses internet) 
*contoh menggunakan akun singapura ( *****@yahoo.com.sg)
b. Gmail (Google mail) email ini produk dari google.com
dengan daftar di gmail saat ini hanya bisa menggunkan : *****@gmail.com
3. Cara pembuatan Email :
dalam kesempatan ini kami uraikan step by step pendaftaran Gmail, karena Gmail memiliki masa aktif lebih lama, dibanding dengan yahoo (tidak di akses / login, maka akan non aktif)
Step by Step G-Mail : 
1. Login di http://gmail.com 
2. Create Account
3. Isi data secara lengkap dan catat alamat email dan password anda
** Ingan dan catat nomor HP anda, usahakan terus aktif. digunakan untuk RESET password jika anda lupa passwor.
** Ingat alamat dan password email cadangan anda untuk RESET password jika anda lupa password dan nomor HP anda hilang berubah

4. Next

5. Isi data secara lengkap

6. Email berhasil dibuat klik "continue to Gmail" untuk melanjutkan

 7. Next terus (tahap ini adalah pengenalan fitur Gmail)
 
8. Alamat email sudah bisa di gunakan. Klik "Go to Gmail" untuk akses email
 
 9. Email
* anda sudah dapat menggunakan email anda untuk mengirim Email / Membuat akun Sosial Media, Twitter, FB, Dll

- Pastikan selalu keluar setelah menggunakan email anda
- Buat berbeda password anda di setiap akun untuk menjaga keamanan akun anda dari pencurian akun

Author : sonyfiffandy
 

14 Mei 2015

Prestasi HAN dan HARDIKNAS 2015

Alhamdulillah, Hari Pendidikan Nasional dan Hari Anak Nasional tahun ini membawa semangat lebih baik lagi, semoga prestasi tetap bisa di tingkatkan. terimaksih atas dukungan semua pihak.
dan Selamat Atas prestasi ananda :
1. Hosnol Hatima : JUARA 1 - Siswa berprestasi (Putri)
2. Afil Dwi Suprianto : JUARA 1 - Siswa berprestasi (Putra)
3. Della Indrian Maharani : JUARA 1 - Pidato Bahasa Inggris
4. Uswatun Hasanah : JUARA II - Menganyam


Video : Della Indrian Maharani : JUARA 1 - Pidato Bahasa Inggris Tingkat Kecamatan
dan Juara Harapan III Tingkat Kabupaten


Author : sonyfiffandy

21 Maret 2015

Matematika Nalaria Realistik (MNR)

Matematika selama ini diajarkan dengan cara memberikan atau mentransformasikan langsung pengetahuan matematika kepada siswa, tanpa member kesempatan siswa untuk berpikir atau menelaah dari mana konsep atau rumus itu diperoleh. Hal tersebut membuat siswa kurang terasah penalarannya dan membuat siswa semakin sulit untuk memahami matematika di tingkat lanjut karena semakin tinggi tingkatan kelas, maka semakin butuh penalaran yang baik untuk memahami konsep matematika. Akibatnya, siswa yang tidak menguasai suatu konsep matematika akan semakin frustasi ketika harus mempelajari materi matematika berikutnya. Selain itu, penalara sangat penting bagi kehidupan karena penalaran yang baik dapat membantu untuk menganalisis masalah dalam kehidupan dengan lebih baik.
Matematika Nalaria Realistik (MNR) merupakan suatu terobosan baru dalam pembelajaran matematika. MNR lebih menekankan penggunaan nalar dalam memahami matematika, sehingga pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran matematika di sekolah. Dengan MNR, siswa diajarkan untuk menganalisis masalah, menarik kesimpulan dan menyelesaikan masalah dengan berbagai metode pemecahan masalah yang berlogika.
 
Ciri khas Matematika Nalaria Realistik:
v       Menekankan penggunaan penalaran dalam memahami matematika
v       Meningkatkan daya nalar dan keterampilan memecahkan masalah, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat belajar Matematika Nalaria Realistik:
v       Siswa akan lebih mudah memahami matematika
v       Siswa akan terlatih penalarannya ketika belajar matematika
v       Siswa akan lebih mudah memahami pelajaran lain karena nalarnya terasah.
v       Siswa siap menghadapi berbagai kompetisi matematika
 
 
Langkah-langkah pengajaran Matematika Nalaria Realistik:
1.        Pemberian masalah nyata
Dalam MNR siswa diberikan masalah nyata terlebih dahulu pada saat memulai pelajaran agar siswa tertarik untuk mengikuti materi tersebut karena terlibat dan merasa berkepentingan untuk mempelajarinya. Masalah nyata sebaiknya sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan cara berpikir anak.
2.        Pemahaman konsep
v   Konsep matematika diberikan dengan melibatkan otak kiri dan kanan.
v   Konsep matematika diajarkan tidak hanya menggunakan simbol-simbol matematika tetapi juga menggunakan gambar atau peraga matematika atau benda-benda yang ada di sekitar kita
v   Setiap pokok bahasan mempunyai teknik pengajaran yang berbeda, oleh karena itu faktor guru menjadi sangat penting dalam penyampaian konsep-konsep matematika tersebut.
3.        Penalaran dan komunikasi
v   Melatih penalaran siswa dan melatih kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide dan gagasannya
v   Soal yang disajikan masih dalam lingkup materi yang sedang diajarkan
v   Membiasakan siswa untuk berpikir sistematis dan mudah dipahami.
4.        Pemecahan masalah
v   Menyajikan soal yang merupakan gabungan berbagai konsep matematika yang sebelumnya sudah dipelajari
v   Melatih keterampilan dalam memecahkan masalah dengan merekonstruksi materi yang sudah dipelajati sebelumnya
v   Meningkatkan daya nalar siswa
v   Meningkatkan kemampuan untuk menerima pengetahuan baru.
5.        Aplikasi dalam kehidupan
v   Menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
v   Siswa dapat mengetahui tujuan mempelajari suatu konsep matematika
v   Memancing ketertarikan siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
6.        Eksplorasi matematika
v   Melatih keterampilan psikomotorik
v   Melatih mental siswa untuk berpikir kreatif dan patang menyerah
7.        Permainan matematika
v   Membuat siswa senang belajar matematika
v   Mempermahir pemahaman konsep yang sudah dipahami.

PUISI MATEMATIKA NALARIA REALISTIK
 
Ini kali pertama dan kali terakhir
Ini tambahan wacana dan pengurangan makna
Ini pembagian rasa dan pembagian wibawa
 
Itulah operasi matematika yang dileburkan bahasa
Matematika ini bukan terbaru tapi terlama
Matematika ini pembaharu yang tak berdaya
 
Akan diajarkan….akan diajarkan
Semua rasa dalam bahasa logika….dalam nalaria…
Seni..tertawa..kagum …sedih …itulah matematika nalaria realistik
 
Jangan pernah bisniskan dia…
Jangan pernah perdagangkan dia…
Dia penghantar pada makan semesta
 
Jikalah ada keraguan dalam pelaksanaan …jangan pernah ditinggalkan
Jikalah ada kesuksesan dalam pelaksanaan..tidak perlu dibanggakan
Karena dia alat hati untuk menghubungkan rasa dan logika
 
Dia akan ajarkan manusia mengenal Tuhannya
Dia akan ajarkan manusia menata emosinya
Dia akan ajarkan manusia meningkatkan kecerdasan
 
Dia datang tidak sendiri tetapi sepasang…
Dia didahului saudara tuanya….metode seikhlasnya
Dia tidak akan mampu wujudkan apapun tanpa saudara tuanya…
 
Pelajarilah kedunya…dengan mendahulukan saudara tuanya
Kalau lah bingung temukan saudara tua untuk tegakkan makna
Carilah penulis hamparan kata ini….di depan pembuka segala makna
 
Seandainya tak tertarik
Jangan harap MNR kan menarik….
Karena dia hanya tunduk kala bersama
 
Bogor, 11 Juni 2005
Karya : Arya 
Sumber : http://www.kpmseikhlasnya.com
Author : sonyfiffandy

18 Januari 2015

PKG versi Excel


        Pada kesempatan ini kami memberikan Aplikasi milik PKG WAHYU APRI ANDI yang kami revisi dan pilah menjadi PKG Guru Kelas dan PKG Guru Mapel
untuk Golongan III A keatas :
download disini
Catatan : untuk penulisan TMT lebih baik di awali tanda Petik satu ( ' )
ex : '19 Oktober 2000

untuk Golongan II  :
download disini

Simpel dan semoga bermanfaat.
Trims

Author : Sony Fiffandy
PIN : 75796C36

20 Desember 2014

Official Kemendikbud Versi 1.03 Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 KURTILAS SD

UPDATE 1.03

Aplikasi raport sd v. 1.0.3

Download Disini

Bagi yang sudah menginstall versi 1.0.2 tidak perlu di uninstall terlebih dahulu untuk menginstal versi ini. Perbaikan pada versi ini adalah sebagai berikut:
1. Perbaikan Nama Kepala Sekolah pada Rapor. Kepala Sekolah yang sudah pernah diganti sudah sesuai dengan yang baru.
2. Parbaikan Nama Wali Kelas, sudah sesuai dengan di Dapodik.
3. Perbaikan Informasi Nama Pekerjaan Orang Tua/Wali di Rapor.
4. Indikator pada penilaian UTS dan UAS sudah diperbaiki, sudah sesuai dengan kelas yang dipilih.

Trims

Athor : 
sonyfiffandy
75796C36

PRAMUKA Rekap K13 dan KTSP

Belajar buat kemudahan untuk sekolah sendiri, jika mau mencoba silakan, :)
Uraiannya sebagai berikut
Berkas :
1 File untuk 1 Kelas

Penggunaan :
1. Home :
Pengisian DATA UMUM, Nama KS dan NIP KS, Pembina / Pelatih (dipilih) Nama NIP Pembina/Pelatih.
Metode SIAGA dan PENGGALANG berdasarkan Kelas dan Usia.
- KELAS : Kelas 1, 2, dan 3 SD adalah anggota SIAGA, Kelas 4,5 dan 6 adalah Penggalang
- USIA : < 5 tahun = tidak bisa ikut, 5 s/d 10 Tahun = Penggalang, 11 s/d 16 Tahun = Penegak.

2. DATA SISWA :
Mengisi Nomor Induk, NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin.

3. Nilai Siswa :
Kehadiran (Skala 4)
Sikap (Skala 4)
Materi (Skala 100)
Keterampilan dan Pengetahuan (Skala 4)
Keanggotaan (Ketua Kopaska, Wakil Ketua Kopaska, Anggota Kopaska, Anggota Aktif, Pimpinan Regu, Pimpinan Barung)
Keahlian Khusus (misal : Smaphore, menyanyi, dll)
Saran - saran.

4. Raport
- Print Raport A4
- Print Raport F4

5. Rekap :
Print Rekap Berisi Predikat A/B/C/K berdasarkan Kehadiran
*asumsi Jika hanya hadir sekali atau nilai 1 maka dianggap tidak menguasai materi atau K
*asumsi Jika kehadiran kurang atau nilai 2 maka dianggap cukup menguasai materi atau C
*asumsi Jika kehadiran cukup atau nilai 3 maka dianggap menguasai materi atau B
*asumsi Jika kehadiran rajin atau nilai 4 maka dianggap menunjukkan keseriusan dalam kegiatan ke-Pramuka-an dan menguasai materi atau A

DOWNLOAD disini



11 Desember 2014

Official Aplikasi Versi 1.00 Penilaian Kurikulum 2013 SD Kemendikbud



Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD

Alhamdulillah, Raport versi official sudah terbit...
langsung posting copas dari kemendikbud :

Aplikasi ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa.
Aplikasi ini terhubung dengan dapodik sekolah, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang memiliki dapodik sekolah.
  1. Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang di organisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
  2. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
  3. Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
  4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
  5. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
  6. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
  7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.
  8. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuaibutir 4.
  9. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
  10. Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id

Download Alternatif :
1. Aplikasi Raport SD [33 MB]
2. Buku Manual Penggunaan Aplikasi [1,2 MB]

==========================
FAQ :
?  Kenapa harus syncron dapodik?
+ Syncron disini dibutuhkan untuk mengambil nama murid dan data guru dari dapodik ke aplikasi raport.
---
? Spesifikasi Komputer untuk aplikasi ini bagaimana?
SPECS REQUIRMENT UNTUK APLIKASI DAPODIK 2013: (BARU)
  • KOMPUTER : PC DEDICATED (APLIKASI TIDAK DIPINDAH PINDAH)
  • RAM : 512 MB
  • HARDDISK SPACE : 100 MB
  • OPERATION SYSTEM : WINDOWS XP SP2, SP3/W. Vista/Win7/Win 8.
------
?  Apakah setelah instal aplikasi bisa langsun dipakai?
+ TIDAK, karena Laptop harus terinstal dan bisa login Dapodik untuk syncron data (akun bisa minta/dibuatkan admin sekolah) *
------
? Apa tidak ada resiko jika punya akun dapodik?
+  RESIKO : jangan mengedit dapodik atau asal syncron (baca buku petunjuk raport dan minta petunjuk admin) *
------
? Raport Terjadi Kesalahan An exception occured in driver: SQLSTATE[08006] [7] FATAL: database "rapor_sd" does not exist
+ Hal ini terjadi karena folder rapor_sd belum tersedia di program
+ Gunakan Dapodik versi 3.00 
=====================================

* Tunggu info selanjutnya semoga aplikasi ini bisa berdiri sendiri / hanya butuh 1X syncron untuk ambil data (mengingat resiko dapodik dipegang orang yang tidak beranggung jawab)

INFO :
Syncron DAPODIK butuh admin sekolah,
semoga bermanfaat, dan sehat selalu untuk anda dan operator anda :)

Hanya ilmu yang bisa kami bagi, jika anda ada lebih ilmu silakan sharing dengan kami.

Author : sonyfiffandy
PIN : 75796C36

05 Desember 2014

Surat Kemendikbud Tentang Kurikulum 2013 yang di Hentikan sementara

Nomor : 179342/MPK/KR/2014 5 Desember 2014
Hal : Pelaksanaan Kurikulum 2013
Yth. Ibu / Bapak Kepala Sekolah
di
Seluruh Indonesia 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Salam sejahtera bagi kita semua.
Semoga Ibu dan Bapak Kepala Sekolah dalam keadaan sehat walafiat, penuh semangat dan bahagia saat surat ini sampai. Puji dan syukur selalu kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya pada Ibu dan Bapak serta semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah menjadi pendorong kemajuan bangsa Indonesia lewat dunia pendidikan. 
Melalui surat ini, saya ingin mengabarkan terlebih dahulu kepada Kepala Sekolah tentang Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, sebelum keputusan ini diumumkan kepada masyarakat melalui media massa. 
Sebelum tiba pada keputusan ini, saya telah memberi tugas kepada Tim Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 untuk membuat kajian mengenai penerapan Kurikulum 2013 yang sudah berjalan dan menyusun rekomendasi tentang penerapan kurikulum tersebut ke depannya. 
Harus diakui bahwa kita menghadapi masalah yang tidak sederhana karena Kurikulum 2013 ini diproses secara amat cepat dan bahkan sudah ditetapkan untuk dilaksanakan di seluruh tanah air sebelum kurikulum tersebut pernah dievaluasi secara lengkap dan menyeluruh. 
Seperti kita ketahui, Kurikulum 2013 diterapkan di 6.221 sekolah sejak Tahun Pelajaran 2013/2014 dan di semua sekolah di seluruh tanah air pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Sementara itu, Peraturan Menteri nomor 159 Tahun 2014 tentang evaluasi Kurikulum 2013 baru dikeluarkan tanggal 14 Oktober 2014, yaitu tiga bulan sesudah Kurikulum 2013 dilaksanakan di seluruh Indonesia. 
Pada Pasal 2 ayat 2 dalam Peraturan Menteri nomor 159 Tahun 2014 itu menyebutkan bahwa Evaluasi Kurikulum bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai: 
1. Kesesuaian antara Ide Kurikulum dan Desain Kurikulum;
2. Kesesuaian antara Desain Kurikulum dan Dokumen Kurikulum;
3. Kesesuaian antara Dokumen Kurikulum dan Implementasi Kurikulum; dan
4. Kesesuaian antara Ide Kurikulum, Hasil Kurikulum, dan Dampak Kurikulum
Alangkah bijaksana bila evaluasi sebagaimana dicantumkan dalam pasal 2 ayat 2 dilakukan secara lengkap dan menyeluruh sebelum kurikulum baru ini diterapkan di seluruh sekolah. Konsekuensi dari penerapan menyeluruh sebelum evaluasi lengkap adalah bermunculannya masalah-masalah yang sesungguhnya bisa dihindari jika proses perubahan dilakukan secara lebih seksama dan tak terburu-buru. 
Berbagai masalah konseptual yang dihadapi antara lain mulai dari soal ketidakselarasan antara ide dengan desain kurikulum hingga soal ketidakselarasan gagasan dengan isi buku teks. Sedangkan masalah teknis penerapan seperti berbeda-bedanya kesiapan sekolah dan guru, belum meratanya dan tuntasnya pelatihan guru dan kepala sekolah, serta penyediaan buku pun belum tertangani dengan baik. Anak-anak, guru dan orang tua pula yang akhirnya harus menghadapi konsekuensi atas ketergesa-gesaan penerapan sebuah kurikulum. Segala permasalahan itu memang ikut melandasi pengambilan keputusan terkait penerapan Kurikulum 2013 
kedepan, namun yang menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan ini adalah kepentingan anak-anak kita 
Maka dengan memperhatikan rekomendasi tim evaluasi implementasi kurikulum, serta diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan, saya memutuskan untuk: 
1. Menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang baru menerapkan satu semester, yaitu sejak Tahun Pelajaran 2014/2015. Sekolah-sekolah ini supaya kembali menggunakan Kurikulum 2006. Bagi Ibu/Bapak kepala sekolah yang sekolahnya termasuk kategori ini, mohon persiapkan sekolah untuk kembali menggunakan Kurikulum 2006 mulai semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Harap diingat, bahwa berbagai konsep yang ditegaskan kembali di Kurikulum 2013 sebenarnya telah diakomodasi dalam Kurikulum 2006, semisal penilaian otentik, pembelajaran tematik terpadu, dll. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi guru-guru di sekolah untuk tidak mengembangkan metode pembelajaran di kelas. Kreatifitas dan keberanian guru untuk berinovasi dan keluar dari praktik-pratik lawas adalah kunci bagi pergerakan pendidikan Indonesia.
2. Tetap menerapkan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang telah tiga semester ini menerapkan, yaitu sejak Tahun Pelajaran 2013/2014 dan menjadikan sekolah-sekolah tersebut sebagai sekolah pengembangan dan percontohan penerapan Kurikulum 2013. Pada saat Kurikulum 2013 telah diperbaiki dan dimatangkan lalu sekolah-sekolah ini (dan sekolah-sekolah lain yang ditetapkan oleh Pemerintah) dimulai proses penyebaran penerapan Kurikulum 2013 ke sekolah lain di sekitarnya. Bagi Ibu dan Bapak kepala sekolah yang sekolahnya termasuk kategori ini, harap bersiap untuk menjadi sekolah pengembangan dan percontohan Kurikulum 2013. Kami akan bekerja sama dengan Ibu/Bapak untuk mematangkan Kurikulum 2013 sehingga siap diterapkan secara nasional dan disebarkan dari sekolah yang Ibu dan Bapak pimpin sekarang. Catatan tambahan untuk poin kedua ini adalah sekolah yang keberatan menjadi sekolah pengembangan dan percontohan Kurikulum 2013, dengan alasan ketidaksiapan dan demi kepentingan siswa, dapat mengajukan diri kepada Kemdikbud untuk dikecualikan.
3. Mengembalikan tugas pengembangan Kurikulum 2013 kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pengembangan Kurikulum tidak ditangani oleh tim ad hoc yang bekerja jangka pendek. Kemdikbud akan melakukan perbaikan mendasar terhadap Kurikulum 2013 agar dapat dijalankan dengan baik oleh guru-guru kita di dalam kelas, serta mampu menjadikan proses belajar di sekolah sebagai proses yang menyenangkan bagi siswa-siswa kita.
Kita semua menyadari bahwa kurikulum pendidikan nasional memang harus terus menerus dikaji sesuai dengan waktu dan konteks pendidikan di Indonesia untuk mendapat hasil terbaik bagi peserta didik. Perbaikan kurikulum ini mengacu pada satu tujuan utama, yaitu untuk meningkatkan mutu ekosistem pendidikan Indonesia agar anak-anak kita sebagai manusia utama penentu masa depan negara dapat menjadi insan bangsa yang: (1) beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, mandiri, demokratis, bertanggung jawab; (2) menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi; dan (3) cakap dan kreatif dalam bekerja. Adalah tugas kita semua untuk bergandengan tangan memastikan tujuan ini dapat tercapai, demi anak-anak kita.
Pada akhirnya kunci untuk pengembangan kualitas pendidikan adalah pada guru. Kita tidak boleh memandang bahwa pergantian kurikulum secara otomatis akan meningkatkan kualitas pendidikan. Bagaimanapun juga di tangan gurulah proses peningkatan itu bisa terjadi dan di tangan Kepala Sekolah yang baik dapat terjadi peningkatan kualitas ekosistem pendidikan di sekolah yang baik pula. Peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan akan makin digalakkan sembari kurikulum ini diperbaiki dan dikembangkan.
Pada kesempatan ini pula, saya juga mengucapkan apreasiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi yang telah Ibu dan Bapak Kepala Sekolah berikan demi majunya pendidikan di negeri kita ini. Dibawah bimbingan Ibu dan Bapak-lah masa depan pendidikan, pembelajaran, dan pembudayaan anak-anak kita akan terus tumbuh dan berkembang. Semoga berkenan menyampaikan salam hangat dan hormat dari saya kepada semua guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang dipimpin oleh Ibu dan Bapak. Bangsa ini menitipkan tugas penting dan mulia pada ibu dan bapak sekalian untuk membuat masa depan lebih baik. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita semua dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kebudayaan nasional.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Jakarta, 5 Desember 2014
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,
Anies Baswedan

Mendikbud Anies Baswedan Hentikan Kurikulum 2013

Mendikbud Anies Baswedan Hentikan Kurikulum 2013

         SD Negeri Petung 2. Bondowoso - Jakarta (05/12). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Rasyid Baswedan memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh Indonesia. Kurikulum 2013 selanjutnya diperbaiki dan dikembangkan melalui sekolah-sekolah yang sejak Juli 2013 telah menerapkannya.

“Proses penyempurnaan Kurikulum 2013 tidak berhenti, akan diperbaiki dan dikembangkan, serta dilaksanakan di sekolah-sekolah percontohan yang selama ini telah menggunakan Kurikulum 2013 selama tiga semester terakhir,” kata Mendikbud Anies Baswedan di Kemdikbud Jakarta, Jumat (05/12).

          Hadir mendampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Furqon, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud Hamid Muhammad, dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud, Achmad Jazidie.

          Mendikbud mengatakan, implementasi Kurikulum 2013 secara bertahap dan terbatas telah dilakukan pada Tahun Pelajaran 2013/2014 di 6.221 sekolah di 295 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Dia menyebutkan, sekolah tersebut terdiri atas 2.598 sekolah dasar, 1.437 sekolah menengah pertama, 1.165 sekolah menengah atas, dan 1.021 sekolah menengah kejuruan.

          Menurut Mendikbud, hanya sekolah-sekolah inilah yang diwajibkan menjalankan kurikulum tersebut sebagai tempat untuk memperbaiki dan mengembangkan Kurikulum 2013 ini. “Bila ada yang merasa tidak siap silakan ajukan pengecualian, tetapi secara umum sudah siap,” katanya. Saat ini sudah 208 ribu sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013.

          Mendikbud mengatakan, sekolah percontohan ini kemudian akan dievaluasi. Setelah dievaluasi kemudian Kurikulum 2013 akan diterapkan secara bertahap. Tahapan penerapannya bukan berbasis kepada guru, tetapi kepada sekolah. “Laporannya (basisnya) adalah jumlah sekolah yang menjalankan dan bukan jumlah guru yang melakukan pelatihan,” katanya.

          Menteri Anies menyampaikan selain sekolah tersebut, sekolah yang baru menerapkan satu semester Kurikulum 2013 akan tetap menggunakan Kurikulum 2006 sampai mereka benar-benar siap menerapkan Kurikulum 2013. “Sekolah-sekolah ini supaya kembali menggunakan Kurikulum 2006,” katanya.

          Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengambil keputusan ini berdasarkan fakta bahwa sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan Kurikulum 2013 karena beberapa hal, antara lain masalah kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendampingan guru dan pelatihan Kepala Sekolah.

“Penghentian ini dilandasi antara lain karena masih ada masalah dalam kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendampingan guru dan pelatihan kepala sekolah yang belum merata. Pada saatnya sekolah-sekolah ini akan menerapkan Kurikulum 2013, bergantung pada kesiapan,” Anies Baswedan menjelaskan.

          Menurut Anies, kurikulum pendidikan nasional memang harus terus-menerus dikaji sesuai dengan waktu dan konteks pendidikan di Indonesia untuk mendapat hasil terbaik bagi peserta didik.

“Perbaikan kurikulum ini demi kebaikan semua elemen dalam ekosistem pendidikan terutama peserta didik, anak-anak kita. Tidak ada niat untuk menjadikan salah satu elemen pendidikan menjadi percobaan apalagi siswa yang menjadi tiang utama masa depan Bangsa,” kata Anies Baswedan.

          Menjawab pertanyaan wartawan, tentang digunakannya dua kurikulum secara bersama-sama yang bertentangan dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Mendikbud mengatakan, saat ini bukan penerapan untuk kurikulum, tetapi uji terhadap sebuah kurikulum baru. “Meskipun demikian, pada tahun 2006 Indonesia pernah menjalankan dua kurikulum secara bersamaan,” kata Mendikbud.

          Mendikbud mengatakan Pusat Kurikulum dan Perbukuan akan bertugas mengembangkan kurikulum. “Unit Implementasi Kurikulum akan memonitor perkembangan implementasi Kurikulum 2013 di sekolah percontohan tadi,” kata Menteri Anies.

          Mendikbud mengatakan, terkait dengan bahan ajar buku yang sudah dicetak dan pemerintah daerah yang sudah menandatangani kontrak, semua tetap berjalan seperti biasa. Buku-buku, kata dia, tetap dikirimkan ke sekolah. “Pencetakan tidak perlu dihentikan. Buku-buku disimpan dan pemanfaatannya ketika guru dan kepala sekolah siap. Jadi tidak ada perubahan,” ujarnya.

          Mendikbud mengatakan, jika ada sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 selama satu semester dan merasa siap maka tidak dianjurkan menerapkannya. “Kurikulumnya perlu perbaikan. Saya tidak anjurkan. Lengkapkan buku-bukunya dan begitu siap baru dijalankan,” katanya.

          Sementara, terkait pelatihan, Mendikbud menjelaskan, akan dilakukan ke arah peningkatan metodenya. “Pendekatannya ke sekolah bukan individu gurunya,” ujarnya.

          Mendikbud mengingatkan, kepada pemda yang belum melakukan kontrak agar menundanya terlebih dahulu. (ASW)

Jakarta, 5 Desember 2014
Pusat Informasi dan Humas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

RAPORT K13 (LPMP Jateng) Update Desember

Assalammualaikum,

              Salam pendidikan, apakah sekolah anda sudah melaksanakan UAS? kami masih tanggal 8 desember 2014. Sedang sibuk entri nilai? atau mencari Aplikasi Raport? Bagi yang sudah mempunyai aplikasi raport besutan LPMP Jateng silakan di Update sembari menunggu aplikasi dari kemendikbud yang ter-integrasi dapodik (masuk ke dalam aplikasi dapodik) masalahnya apa kendali akan ada di tangan operator atau ada kebijakan guru bisa login namun terbatas (tidak mempunyai ijin mengotak - atik data dapodik), kita tunggu sajalah.

               Kabar dihentikan sementara K13 semakin menguat, silakan baca :
-  Mendikbud Anies Baswedan Hentikan Kurikulum 2013
- Surat penghentian K13 

Back To APPLIKASI...

Update per Desember :
Download disini (FULL Pack rar) - 16MB (Recomended)

isi file rar :

  1. apl-rapor-k-13-sd-2-1-v-08-04 (belum update - 4 Agustus) - 8,31 MB
  2. apl-rapor-k-13-sd-5-1-v-12-05 (update - 5 desember) - 9.14 MB
  3. apl-rapor-k-13-sd-revisi-bg-1-1-v-10-23 (update - 23 Oktober) - 8,78 MB
  4. apl-rapor-k-13-sd-revisi-bg-4-1-v-11-20 (update - 20 November) - 9.18 MB
  5. langkah-langkah-penggunaan-aplikasi-rev - 346 KB
Vesi sebelumnya : baca disini
Wassalammu'alaikum Wr. Wb

---
Author : sonyfiffandy
Tanya jawab / Sharing silakan di koment atau via BBM : 75796c3
  • semua LINK free Advertise/iklan.
  • Slow respon karena kesibukan Operator bagian tata usaha sedang persiapan adiwiyata dan persiapan lapor akhir tahun.

04 Desember 2014

Monitoring dan Evaluasi K13 Sekolah Imbas

Monitoring implementasi Kurikulum 2013 pada SD imbas

Dokumentasi awal :

KS SD Negeri Petung 2 : HIDAYATI NURAINI, S.Pd, 
Kepala UPTD Curahdami : Drs ABDURRAHIM, M.Pd
Kasi Kurikulum DIKNAS : Maruwan, S.Pd. M.Pd
Pengawas TK / SD : Imam Asgari

04 Desember 2014. Pukul 8:47:43 WIB

Author : BBM : 75796c39

24 November 2014

FULL_PACK Permendikbud RI 57, 61, 62 dan 63 Kurikulum 2013


          FULL_PACK - sdnpetung2 : Berikut kami share Permendikbud yang berubah sekaligus dengan Lampirannya. Pengalaman kami adalah saat ada perubahan Kurikulum kami segera mencetak Silabus, setelah 3 bulan baru ada perubahan sehingga mau tidak mau kami mencetak ulang Silabusnya, kebayang tebalnya kan,hehe

                 Ok, Back to point langsung download FULL_PACK Permendikbud RI disini [23 Mb].
Isi Permendikbud :
1. Permen no. 57 tahun 2014 tentang Kurikulum (Silabus)
2. Permen no 61 tahun 2014 tentang KTSP
3. Permen no 62 tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler Wajib dan Pilihan
4. Permen no 63 tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler PRAMUKA


Silabus AGAMA sesuai Permen No 57 tahun 2014 Tentang Kurikulum SD



SILABUS AGAMA

sesuai Permen No 57 tahun 2014 Tentang Kurikulum SD


Salam pendidikan, semangat belajar terus kita kuatkan, kesempatan kali ini kami sharing Silabus PAI dan untuk agama lain juga sharing untuk kebermanfaatan blog ini :)

1. Agama Islam download
2. Agama Kristen download
3. Agama Katolik download
4. Agama Hindu download
5. Agama Budha download
6. Agama Konghucu download

Terimakasih atensi dan kunjungannya..

Kami sengaja memperpendek Link untuk melihat Jumlah Klik file dan tidak ada kesengajaan kami untuk menguangkan link dengan iklan, karena segenap isi dari Blog ini kami dedikasikan untuk pendidikan di Indonesia.

Autohor : Sony Fiffandy
CV : www.sonyfiffandy.blogspot.com
PIN : 75796C36

09 November 2014

Silabus Kurikulum 2013 (Sesuai Permendikbud 51 Tahun 2014)


SILABUS sesuai Permendikbud 51 tahun 2014 silakan download di sini

Untuk Aplikasi raport sesuai dengan berdasarkan Panduan Teknis 2014 yang di Tanda Tangani Dirjen silakan klik di sini


Author : SONY FIFFANDY, S.Sos
CV : sonyfiffandy.blogspot.com
PIN : 75796C36
Back To Top